Strict Standards: Redefining already defined constructor for class wpdb in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/wp-db.php on line 56

Strict Standards: Redefining already defined constructor for class WP_Object_Cache in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/cache.php on line 384

Strict Standards: Declaration of Walker_Page::start_lvl() should be compatible with Walker::start_lvl($output) in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/classes.php on line 541

Strict Standards: Declaration of Walker_Page::end_lvl() should be compatible with Walker::end_lvl($output) in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/classes.php on line 541

Strict Standards: Declaration of Walker_Page::start_el() should be compatible with Walker::start_el($output) in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/classes.php on line 541

Strict Standards: Declaration of Walker_Page::end_el() should be compatible with Walker::end_el($output) in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/classes.php on line 541

Strict Standards: Declaration of Walker_PageDropdown::start_el() should be compatible with Walker::start_el($output) in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/classes.php on line 560

Strict Standards: Declaration of Walker_Category::start_lvl() should be compatible with Walker::start_lvl($output) in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/classes.php on line 659

Strict Standards: Declaration of Walker_Category::end_lvl() should be compatible with Walker::end_lvl($output) in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/classes.php on line 659

Strict Standards: Declaration of Walker_Category::start_el() should be compatible with Walker::start_el($output) in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/classes.php on line 659

Strict Standards: Declaration of Walker_Category::end_el() should be compatible with Walker::end_el($output) in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/classes.php on line 659

Strict Standards: Declaration of Walker_CategoryDropdown::start_el() should be compatible with Walker::start_el($output) in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/classes.php on line 684

Strict Standards: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, non-static method GoogleSitemapGenerator::Enable() should not be called statically in /home/sebar/public_html/banksoal/wp-includes/plugin.php on line 164
Sepuluh Tips Saat Ujian | Sebarin BANKSOAL
Mar 24

Sepuluh Tips Saat Ujian

Sepuluh Tips Saat Ujian:
Ketika Anda melakukan ujian, Anda sedang mendemonstrasikan kemampuanmu dalam memahami materi pelajaran, atau dalam melakukan tugas-tugas tertentu. Ujian memberikan dasar evaluasi dan penilaian terhadap perkembangan belajarmu. Ada beberapa kondisi lingkungan, termasuk sikap dan kondisimu sendiri, yang mempengaruhimu dalam melakukan ujian.

Sepuluh tips untuk membantu Anda dalam mengerjakan ujian:

• Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.

Bawalah semua alat tulis yang Anda butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

• Tenang dan percaya diri.

Ingatkan dirimu bahwa Anda sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

• Bersantailah tapi waspada.

Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan Anda mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

• Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)

Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika Anda membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

• Jawab soal-soal ujian secara strategis.

Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang Anda ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya Anda kerjakan adalah:

  • soal paling sulit,
  • yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya,
  • memiliki nilai terkecil.

• Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.

Mula-mulai, abaikan jawaban yang Anda tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat Anda abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika Anda tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila Anda yakin akan koreksi yang Anda lakukan.

• Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.

Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin Anda tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak Anda diskusikan dulu.

• Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.

Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

• Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.

Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah Anda menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa Anda telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

• Analisa hasil ujianmu.

Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

Sumber: Landsberger, Joe. Ten Tips for Test Taking (dari CD MEDIA UM-UGM)


------------------------------------------------------------

RSS feed | Trackback URI

64 Comments »

Comment by WIET
2008-03-24 16:51:21

mAnA preDikSI lATIhan SOal-soAL BuAT uAN??
PadAHAL kLU ADA meMBANTU SEKALI UNtk oRng-oRAng yaNG ga Mampuh bELi bUKU pREDikSI Uan. .
sepERti saYA ini CONtoHNYA. . .
ANdai Saja ADA,qtA-qTA YG ga MamPU BSa ngEPrint dri Internet.. .
dARi pADA BELI BUku YANG maHAL DAn tiDAK terJAngkau HarganYA. . .
MahAL-MahaL. .

Comment by quEenthry
2008-04-21 10:46:57

kirim douwk….soal” prediksi Uan sma ips 2008, ke e-mail q yaaach…kalo bisa k 6 mta. peljranya yg mo d uan kan itu…ok!!

 
Comment by rosa
2008-06-05 21:34:10

Jgn Pts asa ya.

 
 
Comment by uphy
2008-03-26 13:54:36

kirimin kami2 donng prediksi uan 2008,soalny ujian sekarang kan susah banget.

 
Comment by Nabih Ibrahim
2008-03-28 14:10:05

Terimakasih atas saran-sarannya,

Semoga dengan semakin menyebarluasnya situs ini dapat menjadikan para pembaca dan seluruh siswa bangsa indonesia lulus UN dan bertambah cerdas.

Indonesia JAYA!!!!

 
Comment by peacechaser
2008-03-30 11:58:40

Tipsnya menurut saya dapat dipraktekkan dengan efektif. Namun, saya rasa ada baiknya untuk pula membawa jam tangan, agar kita termotivasi untuk mengerjakannya lebih cepat dan ulet (tapi jangan sampai salah…). Rileks memang sangat diperlukan, tetapi saya sudah berpengalaman mengerjakan soal TO mat dengan santai nan tekun, dengan pula memprioritaskan soal-soal yang mudah. Tahu-tahu waktunya sudah mau habis! Andaikan saya tahu waktu sebagai “deadline” motivator, saya akan mengerjakannya lebih cepat, shg lebih banyak soal yang dpt dijawab.

 
Comment by plirrrrrr
2008-03-31 20:20:38

aiiiiiii
men itu te glo wong!!!!!!!!!

bengak kali kw…….

 
Comment by sasa
2008-04-04 14:36:14

koq jawaban prediksi uan na banyak yg salah yhaa?
dr biologi,math,inggris,indonesia.,knp?

 
Comment by vHeli
2008-04-11 19:50:05

kira-kira tahun depan UN tambah gak pelajarannya?
nilai kelulusan berapa untk tahun depan?

Comment by ade
2008-04-12 14:27:42

tmbah lah…………
nlai mksimalna ajjah gede”…….

 
 
Comment by ade
2008-04-12 14:24:15

gimana yah carana byar un gax dek”kan?
uz gimana yah byr nlyna bagus?

 
Comment by rhara
2008-04-20 17:53:16

un emg ngeselin bntar lg UN semua semangat yah

 
Comment by terra
2008-04-21 08:09:32

un besok!!!!

sebenernya gw masi ngerasa kurang di fisika ma kimia…

 
Comment by vhie
2008-04-21 17:37:07

hai……………..
w mnt bntu ne
criin w kunci jawaban soal un
klo dpt 6 mt pljarn sklgus

 
Comment by roza
2008-04-22 14:45:05

kykny g trllu sulit UN ny.cm kita aj yg nganggpny gt

 
Comment by celvin
2008-04-25 08:12:49

buat kalian yg habis ujian pasti bete abis ya.jangan lemah semangat habis ini ada Uas. cayoo my friends.

 
Comment by riKHu
2008-04-25 20:56:18

duch…… soalnya sush bnget palagi matematika
tpi skrng udh UN skrng kta siap bwt UAS smga kta smua lulus ya..

 
Comment by 4udi
2008-06-07 10:01:32

mINta DatA paSSiNg GraDE ProDI ptN TErbAru Donk
MakaSIH……..

 
Comment by comment by a.candra
2008-06-08 19:38:26

minta hasil UN 2008 smk dong cpetan yaca d tunggu
mkcih………………………

 
Comment by rio
2008-06-13 21:40:30

minta hasil UN 2008 smk dong cpetan yaca d tunggu
mkcih………………………

 
Comment by puTri
2008-06-16 20:38:25

qo prediksii snmptn yg ips’y g ad
aq mw ikud yg ipc nii
tlg bntuin krmn soal” ips+jwbn’y donk
thank ia

 
Comment by Oe_OeL
2008-06-19 11:44:47

minta passing grade snmptn yang terbaru dunkk

 
Comment by wira
2008-07-01 12:47:33

minta soal snmptn yang baru donk!!!

 
Comment by epoe
2008-07-28 15:38:00

hei friend

 
Comment by epoe
2008-07-28 15:38:47

kawan sudah hafal nilai murni ke

 
 
Comment by andri f
2008-09-02 21:53:21

minta soal perediksi un dan snmpt nya donk untuk periode 2009 .ya ya penting banget tu soal soal untuk percobaan .tolong ya sebarin.com

makasi ya .

 
Comment by tesa
2008-10-26 13:16:00

minta soal2 prediksi UN 2009 donk…..
mksh…….

 
Comment by alane
2008-10-30 20:15:00

menurut saya perbanyaklah berdo’a lalu pasang wajah santai aza dalam menjawabnya.

 
Comment by morra
2008-11-14 14:08:35

yya,semangat ajja iaah bwt smuah nak klas 3 iang bntar laggi mo hadepin UN..
yya,namanya jg tkdir,hhuhu…sedih jg y..

hhm…y,pkonya ntar pas ngrjain soal,jgn tllu tegang..
sntai ajja,tp yg srius jg yya…
jgn d anggp sntaii…

pko.y chaiioo..!!

yya,bntuin tmen2 yg laen jg yya..
jgn krja sndri2,,
musti soliderrr…hhaha,,

 
Comment by afgan
2008-11-28 21:16:25

no komen!!!

 
Comment by ridwan ritonga
2008-12-29 15:53:45

kirim dong soal2 un 2008 ke alamat emailku

 
Comment by rere""
2009-01-17 08:18:50

tolong donk kirimin q soal prediksi tahun ini untuk SMK teknik yach….!!!
rere Tunggu ya di email rere…makacis@-@

 
Comment by adjie....
2009-02-07 20:22:25

thankz ya mas…. moga ujianQ lulus dengan nilai baek…

 
Comment by CANTEK
2009-02-08 00:22:20

Bagi anda yang memutuskan untuk melakukan pengobatan alternatif ada baiknya menyimak tips dibawah ini untuk menghindari kekecewaan yang timbul setelah itu …

 
Comment by Hamba Allah
2009-02-17 15:25:26

Thanks ya atas sarannya, moga-moga dibalas Allah SWT.

 
Comment by gilang
2009-02-26 04:06:11

sarannya cukup baguss . mudah mudahan ini membantu saya dalam mengerjakan soal SIMAK UI yang tinggal beberapa hari lagi . semoga saya bisa masuk UI . amiinn . :)

 
Comment by Nurul Hidayati
2009-02-28 18:23:36

ThAnKs YuA AtAs SaRaNyA,.,. ANd SyaRAn iTu MgA UjIAn_Q tAmBAH BerHSil&NilAi_Q tAmBaH BAeK n MeNiN9Kat.. AmiEn
MO9A” ANAk SpEgA LULUS DeN9An 100% bek Amien..
TerMsUk_Q JujA LuLus…… AmiEN YARoBalalAmin.

 
Comment by Okdiarisca Intan
2009-02-28 18:34:33

Makacih Zaw ataz Saran’a………
Moga Q biza “LULUZ” dengan nilai eang baguuzz,,,,& biza masuk sekolah eang Q pengenin….!!!!!
& Mga ja anx “SP3GA” LULUZ cMuan’a,,,,,Oc3 d3chhhhh!!!!!!!!!!!!

 
Comment by PhriiLz
2009-02-28 19:25:11

ak mnta passing gradex sman dund !

 
Comment by smpn
2009-03-01 19:11:01

ThaNk BeuDt Iagh sRn Nha……….
tyuZ dO’Ain Koe BiaR za Lu2Z…….
Latdag Lugg 9i2….. Bye…

 
Comment by selena.Ftah
2009-03-08 04:47:17

AlHaMdUlLIAh ….

dGn AdA iNi SgT mMbaNtU u/ bLJr!!

JgN lpA DoAkN Qw YAa
sPyA BsA lUlUS dgN hSl Yg MeMuaSAkAn….
aMiEn ..

 
Comment by yunus
2009-03-13 19:53:04

hy…askum,aku mau minta kunci jawaban uan bwt smp yg up to date donk,klo ada skalian sama soalnya,,,,kn byr skalian bl;ajar….plis kirim ke emailq.thanx

 
Comment by kiki
2009-03-22 02:11:33

Da GGa sih Predksi soal UN Bwt Ank Smk Teknik

Klo Da Plis krim K Email q…

Q Btuh Bgt Bwt Lthan…

tq

 
Comment by gonesa
2009-03-22 15:16:51

tolong di upload untuk soal prediksi UAN 2009 Ekonomi… doain ya biar luluz 100% untuk Negara Indonesia terutama wilayah NGANJUK. . Ok COYY

 
2009-03-31 22:06:04

[…] Sepuluh Tips Saat Ujian […]

 
Comment by Lee
2009-04-14 16:10:37

Kapan donq dikasih prediksi UN nya, khan UN tinggal 5 hari lagi?????????

 
Comment by ggg
2009-04-21 20:43:19

ukh…………..kasih tau dwonk UN sMp…..dkkkit agy tempur niiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

 
Comment by evy
2009-09-14 20:04:44

tlong,,, dong kasih tau prediksi soalnya,,,,, plit btgz sich,,,,

 
Comment by evy
2009-09-14 20:07:46

mkasih ya,,, atas tips yang udah di berikan,,,bsuk akn sya cba mudah2an sukses ya AMMIEEN,,,,,

 
Comment by annaz
2009-10-19 20:28:51

tolong kasih soal-soal unas smp 2010 dunk,,,,,,,,,,,,,,,,,,
plis

 
Comment by Dwi
2009-10-28 15:46:42

mna prediksi buat thun 2010.n do’ain Q brhsil yow,n q brhrap coalx gmpang2 pstix

 
Comment by clistá
2009-11-16 13:50:39

semangat teman tomen di seluruh bangsa indonesia
semoga kita bisa melewati ujian ini dengan baikkkk…. dam lulus semua ammiiiieeeeeeeennnnnnnnnnnn

 
Comment by ifro n' mareta
2009-11-17 14:04:56

minta’ dong prediksi soal2un 2010…soalnya takut g lu2zzzz…. tp yang penting da usaha n do’ain lu2zzzsssz yawww….//

law Q,,, minta soal fisika x dperbaxak aja,,,
mau olimpiade nich,,, hehehe,,,,

 
Comment by dewi
2009-12-28 13:12:03

jngan tkut ujian….

yg pnting klo ujian ntu bnyak2 brdoa, sholat,dan yg pling pnting mnta rstu n doa pda orang tua

 
Comment by afila
2010-03-01 19:40:27

AYO KAWAN . . . !!!?
KITA PASTI BISA

 
Comment by z 34 m_l 03 x
2010-03-03 11:31:01

“semua cra tlah aku lkukan tuk mn9hdapi UN.
tpi bagaimna klo soal2 UN nya pda susah?
jdi sia2 dunk,prsiapn y9 slama ni”

 
Comment by iFeyz
2010-03-03 11:37:21

SmUa CoAl UN d HrApKn BiSa tERjAnGkAu oleH StIaP siSwA aGaR MeNjAdIkAn pOtEnsi diRi mEnJaDi HaL yg Di AnGgap MuDah dAn di jAlAnkAN DENGan BaEk
WaSSaLaAaAAaAm. . ., . .

 
Comment by Rsk Taker
2010-03-27 14:56:33

Jangan Takut Bantai Aja Gurunya (Bukan Di bunuh Tapi DiBaek - Baekin) Kayak Sebelom Guru Masuk, 1 Kelas Kompak Nyiapin Cemilan Atau Minuman ATAU Bacaan Buat Gurunya… Koran & Sejenisnya lah So Guru Ga Terlalu Merhatiin kita…….. Klo Emang KEPEPET GA BISA NGERJAIN…. YA UDAH RENCANA B. Apa Itu? NYONTEK….WKWKWKWKKW

 
Comment by Risk Taker
2010-03-27 14:57:17

Jangan Takut Bantai Aja Gurunya (Bukan Di bunuh Tapi DiBaek - Baekin) Kayak Sebelom Guru Masuk, 1 Kelas Kompak Nyiapin Cemilan Atau Minuman ATAU Bacaan Buat Gurunya… Koran & Sejenisnya lah So Guru Ga Terlalu Merhatiin kita…….. Klo Emang KEPEPET GA BISA NGERJAIN…. YA UDAH RENCANA B. Apa Itu? NYONTEK….WKWKWKWKKWW

 
Comment by ida tea
2010-06-13 11:36:52

sebenarnya kita bida aja sich pake trik yg di atas,,, tapi.. mmmmmm,,,, gmana ya..!!!! puyeng bin rieut euy…

 
Comment by jesica
2011-02-21 09:06:33

wah ngawur ni orang..bisa memberikan pelayanan jasa yang baik g ce…………????

 
2011-10-16 15:59:22

[…]                         Sepuluh Tips Saat Ujian […]

 
Comment by ugg sale uk
2013-07-30 10:01:01

nice articles

 
PS:
- Dalam berkomentar harap menggunakan kata-kata yang sopan demi menjaga kenyamanan bersama.
-Dilarang memberikan komentar yang berupa promosi.. atau komentar spam. Jika ingin berpromosi silahkan menghubungi admin disini


Name (required)
E-mail (required - never shown publicly)
URI
Your Comment (smaller size | larger size)
You may use <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <code> <em> <i> <strike> <strong> in your comment.
Majalah Gratis Pilihan dari Sebarin.com
         
Banyak Lagi Majalah Gratis Lainnya kunjungi http://tradepub.sebarin.com